Analisa aerodinamika 3 model bodi mobil hemat energi dengan menggunakan metode computational fluid dynamics

Agung Firmansyah, (NIM. 1011811016) (2023) Analisa aerodinamika 3 model bodi mobil hemat energi dengan menggunakan metode computational fluid dynamics. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy

Abstract

Aerodinamika adalah salah satu aspek terpenting dalam perancangan suatu bodi kendaraan, karena aerodinamika berfungsi sebagai mengurangi daya hambat yang dihasilkan oleh tekanan udara yang bergerak menuju bodi kendaraan. Penelitian ini dilakukan pada 3 model bodi mobil KMHE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai coefficent drag dan coefficient lift pada 3 model bodi mobil KMHE. Hipotesa awal dari penelitian ini bahwa bodi mobil Tarsius EV-2 memiliki nilai coefficient drag dibawah nilai error sebesar 0,9 % dan nilai coefficient lift dibawah 0,2. Metode yang digunakan adalah menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD) berbasis komputer dengan bantuan aplikasi Solidworks dan Ansys Fluent. Bodi yang digunakan meliputi 3 variasi yaitu bodi Tarsius EV-1, bodi Tarsius EV-2, dan bodi Tarsius EV-3. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai coefficient drag terendah terdapat pada bodi Tarsius EV-3 dengan hasil 0,05818644, dan coefficient lift terendah terdapat pada bodi Tarsius EV-3 dengan hasil 0,09018935. coefficient drag tertinggi terdapat pada bodi Tarsius EV-2 dengan hasil 0,06988610, dan coefficient lift tertinggi terdapat pada bodi Tarsius EV-2 dengan Hasil 0,15616351 diikuti dengan coefficient drag pada bodi Tarsius EV-1 dengan hasil 0,06873515 dan coefficient lift pada bodi Tarsius EV-1 dengan hasil 0,13218309.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: KMHE, Computational Fluid Dynamics, Ansys Fluent, Coefficient Drag, Coefficient Lift.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mr Janfrist Pagendo Purba
Date Deposited: 12 May 2023 01:07
Last Modified: 12 May 2023 01:07
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6903

Actions (login required)

View Item View Item