Optimasi biaya produksi alat gali – muat dan alat angkut menggunakan program linear dan analisis bunching effect pada PT Mitra Stania Prima di Kabupaten Bangka

Arjuna Tampubolon, (NIM. 1031611011) (2023) Optimasi biaya produksi alat gali – muat dan alat angkut menggunakan program linear dan analisis bunching effect pada PT Mitra Stania Prima di Kabupaten Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT Mitra Stania Prima merupakan tambang bijih timah yang terletak di Desa Mapur, Kabupaten Bangka. Permasalahan di lokasi penelitian menunjukkan belum tercapainya produksi, sehingga menyebabkan tingginya biaya operasional penambangan. Tujuan dilakukan penelitian ini guna meningkatkan target produksi terhadap biaya operasional yang dikeluarkan. Metode penelitian menggunakan program linear dan bunching effect. Pengambilan data dilakukan pada bulan November 2021 dengan menghitung jumlah alat operasional penambangan yang tersedia serta cycle time pada alat tersebut. Data cycle time diambil sebanyak 270 data pada 3 fleet penambangan. Program linear merupakan solusi optimasi yang menghasilkan produksi optimal dengan biaya yang minimum serta menganalisis nilai bunching effect yang dihasilkan oleh alat angkut pada kegiatan penambangan. Produktivitas aktual yang dihasilkan sebesar 328,49 BCM/jam dengan biaya produksi aktual sebesar $2,35 USD/BCM dengan target yang sudah ditetapkan sebesar 500 BCM/jam. Nilai produktivitas aktual yang tidak tercapai tersebut dipengaruhi oleh faktor jumlah isian bucket yang kurang dan kecepatan aktual alat angkut hanya 7 km/jam. Hasil kondisi aktual perlu dilakukan tindakan perbaikan dengan melakukan optimasi jumlah alat angkut yang akan dipakai menggunakan aplikasi POM for Windows yaitu jumlah alat angkut yang dipakai sebanyak 10 unit dengan produksi sebesar 520,22 BCM/jam dan biaya produksi sebesar $1,6 USD/BCM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian 10 unit alat angkut menghasilkan produksi yang optimal dengan biaya yang minimum dibandingkan dengan pemakaian 9 unit alat angkut. Hilangnya waktu yang dialami alat angkut akibat adanya bunching effect sebesar 7 jam/bulan karena terdapat perbedaan daya mesin pada alat angkut, keterampilan operator yang berbeda – beda, terdapatnya undulasi dan genangan air pada permukaan jalan, geometri jalan tambang yang tidak ideal, dan kurangnya ketersediaan bahan permukaan jalan yang sesuai dengan kuantitas dan kualitas yang dibutuhkan seperti penggunaan tailing sebagai bahan pengeras jalan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cycle time, produktivitas, biaya produksi, bunching effect.
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan
Depositing User: Mr Janfrist Pagendo Purba
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:06
Last Modified: 16 Mar 2023 07:06
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6677

Actions (login required)

View Item View Item