Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan promosi "cashback" terhadap minat penggunaan shopeepay

Fitriani Balqis, (NIM. 3021811088) (2022) Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan promosi "cashback" terhadap minat penggunaan shopeepay. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena teknologi yang semakin meningkat dan canggih seperti perubahan pada sistem pembayaran masyarakat yang awalnya menggunakan sistem pembayaran tunai mulai beralih ke sistem pembayaran non tunai. Salah satunya yaitu ShopeePay dengan keunggulannyamemiliki jumlah pengguna terbanyak. Peneliti melakukan pra survei dengan 30 responden anggota Forum Generasi Berencana Bangka Belitung yang diperoleh bahwa persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan promosi “cashback” dapat mempengaruhi minat penggunaan pada ShopeePay, namun masih terdapat keluhan-keluhan dari responden mengenai manfaat dan kemudahan yang dirasakan serta cashback yang ditawarkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dianalisis menggunakan regresi linear berganda menggunakan bantuan program SPSS versi 24.0. Populasi penelitian ini yaitu anggota Forum Generasi Berencana Bangka Belitung dengan jumlah sampel sebanyak 102 responden, teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan promosi ”cashback” serta variabel terikatnya yaitu minat penggunaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan, ditunjukkan dengan nilai (thitung 4,759 > ttabel 1,984) dan taraf signifikansi (0,000 < 0,05), persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan, ditunjukkan dengan nilai (thitung 2,865 > ttabel 1,984) dan taraf signifikansi (0,005 < 0,05) dan promosi “cashback” berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat penggunaan, ditunjukkan dengan nilai (thitung 1,031 < ttabel 1,984) dan taraf signifikansi (0,305 > 0,05). Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,428 yang berarti persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan promosi “cashback” memberikan kontribusi sebesar 42,8% terhadap pengaruh minat menggunakan sedangkan 57,2 % lagi dipengaruhi oleh variabel lain yang ada di luar variabel penelitian.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Manfaat; Persepsi Kemudahan; Promosi “Cashback”; Minat Penggunaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:23
Last Modified: 04 Aug 2022 04:39
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6169

Actions (login required)

View Item View Item