Analisis saluran pemasaran sayuran sawi hijau di Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka

Ayu Vialianty, (NIM. 2051711016) (2022) Analisis saluran pemasaran sayuran sawi hijau di Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui saluran pemasaran sayuran sawi hijau di Kecamatan Sungailiat, (2) menghitung biaya pemasaran, rasio keuntungan, marjin pemasaran dan farmer’s share sayuran sawi hijau di Kecamatan Sungailiat dan (3) mengetahui model saluran pemasaran sayuran sawi hijau yang efisien di Kecamatan Singailiat. Penelitian dilaksanakan di Kelurahan Kuday, Matras dan Jelitik Kecamatan Sungailiat dengan menggunakan pendekatan kombinasi kualitatif dan kuantitaif, yang dimulai pada bulan Desember 2021 – Juli 2022. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 54 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Metode penarikan contok yang digunakan adalah total sampling dan snowball sampling. Analisis dan pengolahan data yang dilakukan yaitu analisis biaya dan keuntungan pemasaran, analisis marjin pemasaran dan analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) saluran pemasaran sayuran sawi hijau di Kecamatan Sungailiat terdiri atas 3 saluran pemasaran, (2) hasil penghitungan biaya pemasaran, rasio keuntungan, marjin pemasaran dan farmer’s share pada saluran I secara berturut-turut yaitu Rp. 0,-/kg, 100%, Rp. 0,-/kg, dan 100%: pada saluran II secara berturut-turut yaitu Rp. 1.033,-/kg, 96,23%, Rp. 5.300,-/kg dan 79% dan pada saluran III secara berturut-turut yaitu Rp. 2.551,-/kg, 94,73%, Rp. 11.000,-/kg dan 58%. (3) model efisiensi pemasaran yang direkomendasikan adalah model pada saluran pemasaran I dan saluran pemasaran II dengan tingkat efisiensi saluran pemasaran I sebesar 1,87% dan saluran pemasaran II sebesar 4,63%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi Pemasaran; Model Saluran Pemasaran; Saluran Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:03
Last Modified: 04 Aug 2022 03:03
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6165

Actions (login required)

View Item View Item