Evaluasi faktor keamanan lereng tanah buatan menggunakan metode Fellenius di PT Aditya Buana Inter Kabupaten Bangka

Rommy Fadli, (NIM. 1031411063) (2022) Evaluasi faktor keamanan lereng tanah buatan menggunakan metode Fellenius di PT Aditya Buana Inter Kabupaten Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT Aditya Buana Inter merupakan perusahaan yang bergerak di sektor penambangan batu granit dengan sistem penambangan quarry yang terletak di Bukit Sambung Giri, Sungailiat, Kabupaten Bangka. Adapun permasalahan yang didapati setelah melakukan pengamatan langsung di perusahaan adalah sering terjadinya kelongsoran pada dinding lereng-lereng tanah di area penambangan terutama pada saat musim penghujan. Intensitas terjadinya longsoran minimal dua kali sebulan yang menyebabkan proses penambangan menjadi terganggu, sehingga berdampak terganggunya efektivitas jam kerja dan keselamatan pekerja di area penambangan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kestabilan lereng di PT Aditya Buana Inter yang ditampilkan dalam bentuk nilai faktor keamanan. Tahapan dari proses analisis kestabilan lereng dilakukan dengan pengambilan data geometri lereng bagian barat dan melakukan pengujian Direct Shear Test terhadap 3 sampel tanah lereng untuk mendapatkan nilai kohesi dan sudut geser dalam. Secara manual, analisisnya menggunakan Metode Fellenius dengan bantuan perangkat lunak dalam pembuatan desain lereng. Parameter yang digunakan dalam analisis yaitu sudut geser dalam, berat unit weight, kohesi dan berat jenis tanah. Berdasarkan hasil analisis terhadap faktor keamanan setelah dilakukan simulasi terhadap 3 titik sampel yang dibuat, terlihat bahwa lereng yang diteliti dalam keadaan yang tidak stabil dan dapat dikategorikan tidak aman yang disimpulkan dari besarnya nilai FK (Faktor Keamanan) yang dihitung yaitu 1,092. Kemudian dilakukan upaya penanggulangan dengan merubah geometri lereng dan pengendalian air rembesan. Geometri lereng minimal supaya lereng dalam keadaan aman adalah panjang muka lereng 13,7 meter dan sudut kemiringan lereng 55 derajat. Pengendalikan air rembesan dengan menancapkan pipa alir ke dalam tubuh lereng juga dapat dilakukan untuk menstabilkan lereng yang ditancapkan pada lapisan bawah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kestabilan lereng, faktor keamanan, kuat geser, kohesi
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan
Depositing User: Mr Janfrist Pagendo Purba
Date Deposited: 31 May 2022 07:59
Last Modified: 31 May 2022 07:59
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/5684

Actions (login required)

View Item View Item