Perjudian dalam konsep permainan (studi pada rental play station Di Kecamatan Bukit Intan)

Rizki Adisti, (NIM. 5011411058) (2022) Perjudian dalam konsep permainan (studi pada rental play station Di Kecamatan Bukit Intan). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy

Abstract

Dalam kehidupan bermasyarakat, anggota masyarakat tidak bisa lepas dari aturan atau norma yang ada di dalam masyarakat itu sendiri. Ada yang menaati, dan ada yang melanggar norma yang ada. Dalam hal ini pelanggaran yang dilakukan, dikenal dengan istilah penyimpangan sosial. Penyimpangan sosial yang terjadi akan menimbulkan masalah sosial di dalam masyarakat. Hal ini terjadi karena adanya interaksi di dalam masyarakat. Interaksi ini sendiri mengarah kepada kehidupan sosial yang disasosiatif. Salah satu bentuk dari penyimpangan sosial yang ada dalam masyarakat adalah perjudian. Perjudian bisa muncul dan dilakukan pada berbagai hal, salah satunya dengan media Play Station. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Asosiasi Diferensiasi dari Edwin H. Sutherland. Sutherland menyebutkan penyimpangan perilaku adalah hasil dari proses belajar. Penyimpangan adalah konsekuensi atas kemahiran dan penguasaan atas suatu sikap atau tindakan yang dipelajari dari norma-norma yang menyimpang, terutama dari subkultur atau diantara teman-teman sebaya yang menyimpang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah para pelaku judi yang ada di rental Play Station. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian berasal dari data primer dan sekunder. Lebih jauh penelitian ini dianalisis melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasar hasil penelitian diketahui bahwa factor pendorong para pelaku untuk melakukan judi yakni, pelaku mempelajari dari orang sekitar, faktor ekonomi dan kondisi sosial para pelaku. Lalu, perjudian di rental Play Station memunculkan dampak yang terjadi pada para pelaku judi, yakni pelaku menjadi kecanduan, memiliki masalah keuangan, serta munculnya penyimpangan perilaku lainnya yang menjadi sarana atau jalan untuk mencoba hal yang jauh lebih buruk lagi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyimpangan; perjudian; play station
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 03 Jun 2022 08:42
Last Modified: 03 Jun 2022 08:42
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/5680

Actions (login required)

View Item View Item