Evaluasi kinerja jig unit pencucian kapal keruk 21 singkep 1 untuk pengoptimalan recovery sesuai Standard Operational Procedure (SOP) kapal keruk PT Timah Tbk

Padri, (NIM. 1031411045) (2022) Evaluasi kinerja jig unit pencucian kapal keruk 21 singkep 1 untuk pengoptimalan recovery sesuai Standard Operational Procedure (SOP) kapal keruk PT Timah Tbk. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT Timah Tbk merupakan salah satu perusahaan pertambangan yang bergerak dibidang Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Penambangan bijih timah salah satunya menggunakan Kapal Keruk 21 Singkep 1. Adapun permasalahan yang didapati setelah melakukan pengamatan, dimana jig clean up kotor disebabkan kekurangan air pada tangki jig. Metode penelitian yang digunakan adalah gravity concentraction dengan empat tingkatan dari setiap variabel 20 sampel yaitu kecepatan aliran horizontal, ketebalan lapisan bed, panjang pukulan, dan jumlah pukulan. Pada setiap sampel diambil dengan rata-rata 0,5 kg dalam waktu 10 detik. Semua sample difraksinasi menggunakan ayakan (sieve shake), kemudian perolehan kadar feed dan konsentrat melalui analisis GCA. Parameter yang digunakan dalam analisis yaitu tingkatan jig primer, sekunder, tertier. Berdasarkan hasil analisis dengan rata-rata kecepatan aliran horizontal 0,76 m/s, ketebalan bed 80 mm, panjang pukulan 8 mm, jumlah pukulan 180 rpm, didapatakan nilai kadar sebesar 14,17% dan Recovery 91,06% %. Dari hasil tersebut dapat dilakukan untuk bed pada jig harus sering dilakukan penggemburan berulang agar tidak terjadinya material menumpuk serta pada jig clean up perlu dilakukan sikulasi ke jig tertier.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kapal keruk, jig, recovery, variabel
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan
Depositing User: Mr Janfrist Pagendo Purba
Date Deposited: 31 May 2022 08:04
Last Modified: 31 May 2022 08:04
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/5646

Actions (login required)

View Item View Item