Analisis efisiensi saluran pemasaran sawi telor di kecamatan Namang kabupaten Bangka Tengah

IMAM HANAFI, (NIM. 2051711055) (2021) Analisis efisiensi saluran pemasaran sawi telor di kecamatan Namang kabupaten Bangka Tengah. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi saluran pemasaran sayuran sawi telor di Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah 2) Mengidentifikasi fungi-fungsi pemasaran sayuran sawi telor di Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah 3) Menganalisis efesiensi saluran pemasaran sayuran sawi telor di Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah. Penelitian dilaksanakan mulai dari tahap persiapan bulan Oktober 2020 dan selesai pada bulan Oktober 2021. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Metode penarikan contoh yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode snowball sampling dengan jumlah sampel sebanyak 16 orang responden. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran sayuran sawi telor di Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah memiliki dua saluran pemasaran yaitu saluran I (petani - pedagang pengecer - konsumen) saluran II (petani - pedagang pengumpul - pedagang pengecer - konsumen). fungsi pemasaran disaluran I petani ke pedagang pegecer melakukan fungsi pertukaran (penjualan), fungsi distribusi fisik (pengangkutan) dan fungsi fasilitas (biaya, informasi pasar dan sortasi) saluran II petani ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer melakukan fungsi pertukaran (penjualan dan pembelian), fungsi distribusi fisik (pengangkutan) dan fungsi fasilitas (biaya, sortasi dan informasi pasar). Saluran pemasaran I memiliki total nilai margin pemasaran Rp.6000/kg dan nilai farmer’s share 66,67%, untuk saluran II memiliki total nilai margin pemasran Rp.2000/kg dan nilai farmer’s share 60% sehingga kedua saluran ini dikatakan efisien dan saluran pemasaran yang paling efisien yaitu saluran pemasaran I dikarenakan nilainya lebih besar dibandingkan saluran pemasaran II.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Farmer’s Share, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 10 Mar 2022 07:26
Last Modified: 10 Mar 2022 07:26
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/5463

Actions (login required)

View Item View Item