Gaya hidup hypebeast pada produk fashion di kalangan remaja kota Pangkalpinang

Cica Floranda, (NIM. 5011511010) (2021) Gaya hidup hypebeast pada produk fashion di kalangan remaja kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Gaya Hidup Hypebeast pada Produk Fashion di Kalangan Remaja Kota Pangkalpinang. Terlebih di Kota Pangkalpinang menjadi salah satu Ibu Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung termasuk ke dalam kategori kota berkembang. Tentunya wilayah ini akan menjadikan terbukanya peluang serta akses yang luas untuk berinteraksi. Kota Pangkalpinang menjadi pusat kota yang terkena modernitas oleh budaya luar daerah yang lebih banyak masuk ke dalam Kota Pangkalpinang. Teori yang digunakan dalam enelitian ini adalah teori teori masyarakat konsumsi yang dikemukakan oleh Baudrillard. Teori konsumsi Baudrillard menyatakan bahwa situasi masyarakat kontemporer dibentuk oleh kenyataan bahwa manusia sekarang dikelilingi oleh faktor konsumsi. Pada kenyataanya manusia tidak akan pernah merasa terpuaskan atas kebutuhan-kebutuhannya. Konsumsi tidak lagi mengarah pada fungsi konsumsi kebutuhan, melainkan terlebih pada yang disebut logika hasrat atau a logic of desire. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jumlah informan yang ditentukan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang dengan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik analisadata yaitu dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga makna gaya hidup hypebeast sebagai gaya hidup modern bagi remaja Kota Pangkalpinang yaitu yang pertama meningkatkan percaya diri dan citra diri, kedua gaya hidup hypebeast bagi remaja Kota Pangkalpinang merupakan bentuk pertahanan (defense) dalam hidup di era modern, ketiga dapat diterima oleh teman dan kelompok sosial. Remaja di Kota Pangkalpinang merasakan adanya faktor dari luar (eksternal) dalam mengikuti gaya hidup hypebeast seperti Ikut-ikutan teman, selanjutnya gaya hidup hypebeast yang memiliki pengaruh penting dalam segi fashion dan style di era modern, dan yang terakhir adanya Pengaruh Majalah dan Sosial media (Sosmed).

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya hidup; hypebeast; remaja
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 08 Jun 2022 05:06
Last Modified: 08 Jun 2022 05:06
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/4968

Actions (login required)

View Item View Item