Pengaruh keberadaan minimarket terhadap minat dan perilaku berbelanja masyarakat di Desa Balunijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka

Dertina Purba, (NIM. 2051711020) (2021) Pengaruh keberadaan minimarket terhadap minat dan perilaku berbelanja masyarakat di Desa Balunijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy

Abstract

Minimarket merupakan tempat belanja modern yang dilengkapi berbagai fasilitas. Keberadaan minimarket di Desa Balunijuk mengubah minat berbelanja masyarakat dari toko kelontong ke minimarket Melia Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi pola belanja masyarakat setelah berdirinya minimarket Melia Jaya di Desa Balunijuk. 2) Menganalisis dampak keberadaan minimarket Melia Jaya terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di Desa Balunijuk. 3) Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat masyarakat untuk berbelanja di minimarket Melia Jaya dan toko kelontong di Desa Balunijuk. Metode penelitian ini adalah survei, dengan metode penarikan contoh yaitu teknik accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Deskriptif kualitatif, skala likert, dan regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola belanja masyarakat yang lebih sering berbelanja ke toko kelontong dominan hedonic shopping (tidak terstruktur). Pola belanja masyarakat yang lebih sering berbelanja ke minimarket Melia Jaya dominan utilitarian shopping (terstruktur). Pada aspek sosial menunjukkan bahwa dominan masyarakat di Desa Balunijuk setuju keberadaan minimarket mengakibatkan budaya berbelanja masyarakat semakin meningkat dan mengganggu kelancaran lalu lintas desa. Dominan masyarakat di Desa Balunijuk cukup setuju bahwa keberadaan minimarket Melia Jaya mengakibatkan adanya konflik sosial yang terjadi, mengubah pola pikir masyarakat dalam berbelanja, mengakibatkan hubungan sosial masyarakat menjadi semakin baik. Pada aspek ekonomi menunjukkan bahwa dominan masyarakat Desa Balunijuk setuju bahwa keberadaan minimarket Melia Jaya mengakibatkan perilaku berbelanja semakin konsumtif, terjadinya persaingan harga antara pedagang eceran atau sejenis, dan meningkatkan anggaran belanja masyarakat serta membantu mengurangi pengangguran di Desa Balunijuk. Dominan masyarakat Desa Balunijuk tidak setuju bahwa keberadaan minimarket Melia Jaya mengakibatkan kepemilikan lahan/bangunan berpindah hak milik ke tangan orang lain. Terdapat 6 variabel yang memengaruhi minat masyarakat untuk berbelanja di minimarket dan toko kelontong diantaranya yaitu pendapatan, tabungan, pendidikan, umur, dan jarak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Sosial Ekonomi; Minat Belanja; Minimarket; Toko kelontong; Pola Belanja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 10 Jun 2022 08:21
Last Modified: 10 Jun 2022 08:21
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/4875

Actions (login required)

View Item View Item