Analisis kualitas pelayanan Puskesmas Lubuk Besar dengan menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI)

Masriyatun, (NIM. 3021611052) (2021) Analisis kualitas pelayanan Puskesmas Lubuk Besar dengan menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat harapan dan tingkat kinerja untuk mengetahui tingkat kesesuaian dan indikator yang menjadi prioritas utama untuk perbaikan serta kepuasan pasien agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan memuaskan pasien puskesmas Lubuk Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah pasien puskemas pada tahun 2019. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis metode IPA pada tingkat kesesuaian dari 5 dimensi kualitas pelayanan puskesmas Lubuk Besar memiliki nilai sebesar 73,74% pada kategori sesuai. Indikator-indikator yang terdapat pada kuadran A sebanyak 7 atribut dan 3 atribut yang mendekati garis ISO priority line yang harus menjadi prioritas utama untuk perbaikan karena mempunyai nilai harapan yang tinggi sementara nilai kinerjanya rendah. Hasil perhitungan metode CSI puskesmas lubuk Besar sebesar 70% artinya pasien sudah merasa puas, namun pihak puskesmas masih perlu melakukan perbaikan terhadap atribut-atribut yang memiliki nilai rendah agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan lebih memuaskan pasien.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan; Importance Performance Analysis (IPA); Customer Satisfaction Index (CSI)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 04 May 2021 04:44
Last Modified: 04 May 2021 04:44
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/4587

Actions (login required)

View Item View Item