Penerapan Business Model Canvas (BMC) dalam diversifikasi produk turunan lada putih di Kabupaten Bangka Tengah

Ruzul Miyati, (NIM. 2051511034) (2020) Penerapan Business Model Canvas (BMC) dalam diversifikasi produk turunan lada putih di Kabupaten Bangka Tengah. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kepulauan Bangka Belitung dikenal sebagai penghasil lada putih yang masih menjual hasil produksinya untuk tujuan ekspor dalam bentuk butiran utuh dan harga lada yang cendrung mengalami penurunan sehingga produk lada belum mengalami perkembangan yang signifikan. Oleh karena itu, menerapkan diversifikasi produk turunan lada putih bertujuan untuk meningkatkan laba dengan cara membuat produk baru yang dapat meningkatkan keuntungan yang maksimal dengan menggunakan metode bisnis model canvas yang menjelaskan secara menyeluruh baik dari segi pemasaran sampai dengan nilai produk yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi model bisnis dan merumuskan alternatif strategi yeng tepat pada diversifikasi produk turuanan lada putih di Kabupaten Bangka Tengah. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah produk turunan lada putih di Kabupaten Bangka tengah telah menerapkan konsep model bisnis yang memiliki nilai keunggulan produk untuk ditawarkan kepada pelanggan akan tetapi perlu alternatif strategi yaitu perluasan segmen pelanggan, mempertahankan kualitas produk, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, meningkatkan jumlah produksi, kolaborasi dengan pemerintah untuk membantu promosi produk, melakukan peminjaman modal dengan pemerintah, bekerjasama dengan partner store, membuka penjualan produk kepada reseller, membuat komunitas pelanggan berupa website, membuat penawaran yang menarik, efisien dalam biaya pengembangan, evaluasi sistem manajemen produksi, memberikan reward untuk pelanggan dan membuat varian produk.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: bisnis model canvas, diversifikasi produk, lada putih
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 04 May 2021 04:08
Last Modified: 04 May 2021 04:08
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/4016

Actions (login required)

View Item View Item