Pengaruh kompetensi guru dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP negeri 2 Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan

Novita Sabriyanti, (NIM. 3021311069) (2017) Pengaruh kompetensi guru dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP negeri 2 Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa fenomena yang menunjukkan bahwa Prestasi Belajar yang dimiliki siswa dan siswi pada SMP Negeri 2 Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan saat ini cenderung menurun. Hal ini diduga disebabkan oleh beberapa faktor seperti Kompetensi Guru dan Disiplin Belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan gambaran variabel Kompetensi Guru, Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar Siswa serta mengidentifikasi dan mengkaji pengaruh kedua faktor terhadap Prestasi Belajar Siswa baik secara parsial maupun simultan dan menguji ada tidaknya perbedaan Kompetensi Guru antara guru tetap dengan guru honor. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dimana sampel yang digunakan adalah siswa dan siswi yang ada pada SMP Negeri 2 Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan yang berjumlah 150 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari Kompetensi Guru (X1) dan Disiplin Belajar (X2) sedangkan variabel terikat adalah Prestasi Belajar Siswa (Y). Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji T, uji F, koefisien determinasi (R2), serta uji beda independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru (X1) diperoleh thitung (3,201) > ttabel (1,655), variabel disiplin belajar (X2) diperoleh thitung (6,875) > ttabel (1,655). Maka variabel kompetensi guru (X1) dan disiplin belajar (X2) berpengaruh secara parsial terhadap variabel Y. Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung sebesar (45,583) > Ftabel (3,06) sedangkan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti kompetensi guru (X1) dan disiplin belajar (X2) secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi variabel prestasi belajar siswa (Y). Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 37,4% dan memiliki sisa sebesar 62,6% dipengaruhi variabel diluar penelitian. Hasil uji beda independent sample t-test pada variabel kompetensi guru menghasilkan nilai Equal Variance Assumed pada nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,330 > 0,05 hal ini berarti bahwa tidak terdapat perbedaan antara kompetensi guru tetap dengan kompetensi guru honor.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2018 01:44
Last Modified: 23 Feb 2018 01:44
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item View Item