Pengaruh prestasi belajar, efikasi diri, dan dukungan sosial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas xi SMA Negeri 1 Air Gegas

Pirda Aryanti, (NIM. 3021611074) (2020) Pengaruh prestasi belajar, efikasi diri, dan dukungan sosial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas xi SMA Negeri 1 Air Gegas. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya siswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 1 Air Gegas pada tahun 2016-2018 menjadi latar belakang pada penelitian ini. Indikasi rendahnya siswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi disebabkan oleh prestasi belajar, efikasi diri, dan dukungan sosial yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 219 responden dengan pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling. Variabel bebas yaitu prestasi belajar, efikasi diri,dan dukungan sosial sedangkan variabel terikat yaitu minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uj t, uji f, dan koefisien determinasi (R2).Hasil analisis deskriptif pada variabel dengan nilai rata-rata variabel prestasi belajar (X1) sebesar 4,17, variabel efikasi diri (X2) sebesar 4,11, variabel dukungan sosial (X3) sebesar 4,16 yang berdasarkan rentang skor berada pada intervasl 3,41-4,20. Hasil penelitian pada variabel prestasi belajar (X1) diperoleh thitung (5,025 )> ttabel (1.656), variabel efikasi diri (X2) diperoleh thitung (4,379) > ttabel (1.656), variabel dukungan sosial (X3) diperoleh thitung (5,138) > ttabel (1.656) . Hal ini berarti oleh prestasi belajar, efikasi diri, dan dukungan sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Air Gegas. Secara simultan ketiga variabel juga berpengaruh positif dan signifikan dengan diperoleh hasil uji f yang menunjukan bahwa fhitung (117.810) > ftabel (2.67). koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa prestasi belajar, efikasi diri, dan dukungan sosial mempengaruhi minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 71,5%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, efikasi diri, dukungan sosial, minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 04 May 2021 04:07
Last Modified: 04 May 2021 04:07
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/3977

Actions (login required)

View Item View Item