Transisi fungsi keluarga ke tempat penitipan anak (studi pada tempat penitipan anak di Mutiara Serumpun Sebalai II Pangkalpinang)

Mutiara Nur Kahfi, (NIM. 5011311052 (2017) Transisi fungsi keluarga ke tempat penitipan anak (studi pada tempat penitipan anak di Mutiara Serumpun Sebalai II Pangkalpinang). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
PENUTUP.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

Keluarga adalah sekumpulan orang yang tinggal dalam satu atap atau lingkungan dimana terdapat beberapa orang yang masih memiliki keterlibatan hubungan darah antara satu dengan yang lainnya dikarenakan adanya hubungan perkawinan, kelahiran dan lain sebagainya. Di dalam keluarga pastinya terdapat beberapa fungsi yang harus dijalankan oleh orangtua seperti fungsi sosialisasi, edukasi, afeksi, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana transisi fungsi keluarga ke tempat penitipan anak di Mutiara Serumpun Sebalai II Pangkalpinang. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 12 informan yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Analisis dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan untuk menganalisis dan menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah teori Richard Emerson mengenai Pertukaran Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi orang tua menitipkan anaknya. Faktor-faktor ini membuat orang tua tidak bisa sepenuhnya menjalankan fungsi keluarga sehingga mengalami masa transisi dengan menyerahkan fungsi itu ke tempat penitipan anak sehingga anak tetap mendapatkan pendidikan dan pola pengasuhan. Dengan teori pertukaran sosial milik Richard Emerson ini yang lebih menekankan pada persoalan hubungan antara kekuasaan dengan ketergantungan.Adanya hubungan pertukaran antara ketergantungan keluarga terhadap pendidikan dan tumbuh kembang anak dengan kekuasaan pihak penitipan anak kepada keluarga. Oleh karena itu, terjadi hubungan timbal balik antara individu yang satu dengan yang lainnya untuk menentukan pilihan secara rasional antara imbalan (rewards) dan biaya (cost) yang akan diterima oleh masing-masing pihak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keluarga, fungsi keluarga, tempat penitipan anak, dan pertukaran sosia
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 23 Feb 2018 01:38
Last Modified: 23 Feb 2018 01:38
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item