Analisis relasi sosial pada masyarakat gated community di Kota Pangkalpinang (studi di perumahan Graha Puri Kota Pangkalpinang

Muliadi, (NIM. 5011311051) (2017) Analisis relasi sosial pada masyarakat gated community di Kota Pangkalpinang (studi di perumahan Graha Puri Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img]
Preview
Text
PENUTUP.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Relasi sosial adalah hasil dari rangkaian interaksi dan tingkah laku individu yang sistematis antara dua orang atau lebih, relasi sosial merupakan syarat untuk terjadinya aktivitas sosial yang dilakukan melalui proses interaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk relasi sosial pada masyarakat gated comunity dan mendeskripsikan permasalahan relasi sosial di Graha Puri Kota Pangkalpinang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori modal sosial James Coleman. Teori ini menjelaskan tentang tindakan yang didasari dengan konsep pilihan rasional, resiprositas dan relasi. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini 17 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa relasi sosial pada masyarakat gated community berjalan layaknya pada masyarakat umumnya. Hal ini terlihat dari berjalannya bentuk-bentuk relasi sosial yang pertama, kerja sama seperti gotong royong membersihkan halaman dan menata cluster yang dilakukan masyarakat gated community. Kedua organisasi, organisasi seperti kepengurusan dicluster yang dibentuk oleh masyarakat, hal ini merupakan sebagai bentuk relasi yang dijalankan masyarakat gated community. Ketiga media sosial elektronik, media sosial yakni group dimedia sosial elektronik seperti BBM, dan Whatupp. Keempat kerumunan, kerumunan yang dilakukan masyarakat gated community seperti kerumunan dengan berdiskusi dan bermain Catur, Gaple. Tentunya dari empat bentuk tersebut didorong oleh faktor internal dan faktor eksternal, yakni faktor internal seperti imitasi, simpati, motivasi dan identifikasi, dan faktor eksternal terdiri faktor pertentangan (konflik) dan faktor lingkungan perumahan. Berdasarkan fakta di lapangan empat bentuk relasi sosial tersebut yang dijalankan masyarakat gated community Graha Puri Kota Pangkalpinang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Relasi sosial, masyarakat, gated community
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 23 Feb 2018 01:33
Last Modified: 23 Feb 2018 01:33
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item