Analisis minat perilaku penggunaan aplikasi peer to peer lending melalui pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)

Padhila Aprilia, (NIM. 3011511065) (2019) Analisis minat perilaku penggunaan aplikasi peer to peer lending melalui pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
_COVER.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
_BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
_BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat perilaku penggunaan aplikasi peer to peer lending melalui pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan variabel eksogen kemudahan penggunaan persepsian dan variabel endogen kegunaan persepsian, sikap penggunaan dan minat perilaku penggunaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunduh aplikasi peer to peer lending yang terdaftar dan berizin OJK yang berjumlah 17.150.000. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling insidental dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 46 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Model dengan pendekatan Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan program SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kegunaan persepsian, kemudahan penggunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap penggunaan, kegunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap penggunaan, kegunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku penggunaan dan sikap penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku penggunaan aplikasi peer to peer lending. Berdasarkan hasil indirect effect, ternyata juga terdapat pengaruh tidak langsung antar variabel diantaranya kegunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku penggunaan melalui sikap penggunaan, kemudahan penggunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku penggunaan melalui kegunaan persepsian, dan kemudahan penggunaan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku penggunaan melalui sikap penggunaan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemudahan Penggunaan Persepsian, Kegunaan Persepsian, Sikap Penggunaan, Minat Perilaku Penggunaan, SEM-PLS, Aplikasi Peer to Peer Lending
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 13 Apr 2020 02:01
Last Modified: 13 Apr 2020 02:01
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/3457

Actions (login required)

View Item View Item