Perencanaan ulang struktur atas jembatan pilang Kabupaten Belitung dengan sistem cable-stayed

Rommy Andiansyah, (NIM. 1041411064) (2020) Perencanaan ulang struktur atas jembatan pilang Kabupaten Belitung dengan sistem cable-stayed. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Jembatan adalah struktur bangunan pelengkap jalan yang berfungsi sebagai penghubung dua ujung jalan yang terputus oleh sungai, saluran, lembah, selat atau laut, jalan raya dan jalan kereta api. Salah satu alternatif dalam pembangunan jembatan dengan bentang panjang yang umum digunakan adalah jembatan beruji kabel (cable-stayed). Jembatan dengan sistem beruji kabel merupakan jembatan yang terdiri dari satu atau lebih menara dengan susunan kabel yang memikul gelagar dan pelat lantai. Perencanaan ulang struktur atas pada Jembatan Pilang Kabupaten Belitung akan dibangun dengan konstruksi cable-stayed menggunakan susunan kabel tranversal dua bidang pola harp. Panjang total jembatan adalah 200 meter dan memiliki lebar 12 meter. Jembatan ini dibagi menjadi tiga bentang dengan panjang masing masing bentang 50 meter, 100 meter dan 50 meter (50+100+50). Perencanaan ini mengacu pada Pedoman Perencanaan Teknis Jembatan Beruji Kabel (Nomor : 08/SE/M2015), Standar Pembebanan Jembatan (SNI 1725:2016), Standar Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan (RSNI T-12-2004), Standar Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan (RSNI T-03-2005) dan Pedoman Persyaratan Umum Perencanaan Jembatan (Nomor : 07/SE/M/2015). Hasil dari perencanaan ini yaitu struktur skunder dan struktur primer jembatan. Struktur skunder terdiri dari sandaran menggunakan pipa baja berdiameter 76,3 mm mutu Bj41 dan pelat trotoar dengan beton bertulang (fc’ = 20 MPa) dengan lebar 100 cm dan tebal 20 cm. Struktur primer terdiri dari pelat lantai kendaran, gelagar melintang, gelagar memanjang, kabel dan pylon. Pelat lantai kendaraan direncanakan menggunakan beton bertulang (f¬c’ = 30 MPa) dengan lebar 11 meter dan tebal 20 cm. Gelagar memanjang direncanakan menggunakan baja dengan profil WF 500.200.10.16 mutu Bj55 dengan panjang 10 meter dan gelagar melintang menggunakan baja dengan profil WF 900.300.18.34 mutu Bj55 dengan panjang 12 meter. Kabel direncanakan menggunakan 61 buah strand spesifikasi ASTM A 416-74 grade 270 dengan diameter total 14,48 cm sebanyak 40 buah. Pylon direncanakan menggunakan beton bertulang (fc’ = 40 MPa) dengan dimensi 1600 mm x 1000 mm dan tinggi 30 meter dari muka lantai kendaraan. Analisis struktur kabel dan pylon akan dilakukan dengan program bantu SAP 2000 v.20.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jembatan, cabel-stayed, pylon
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 14 Apr 2020 06:20
Last Modified: 14 Apr 2020 06:20
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/3319

Actions (login required)

View Item View Item