Bayu Dika Wijaya, (NIM. 1041511013) (2019) Perencanaan jembatan gantung pejalan kaki di Kompleks Kampus Universitas Bangka Belitung (Studi kasus : Jembatan penghubung Antara Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (589kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (477kB) | Preview |
Abstract
Sebagai negara kepulauan dengan kondisi geografis yang dipenuhi oleh sungai, selat, jurang, dan pegunungan, infrastruktur menjadi satu hal yang sangat vital dibutuhkan dalam menunjang kemajuan perekonomian Indonesia. Jembatan sebagai salah satunya, akan sangat dibutuhkan untuk menghubungkan daerah- daerah yang dipisahkan oleh suatu halangan, baik itu berupa sungai, lembah, dan lainnya. Selain menunjang kebutuhan akan perekonomian, jembatan merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam menghubungkan daerah satu dengan daerah lainnya baik untuk kendaraan maupun pejalan kaki, selain itu jembatan juga menjadi alternatif untuk menyambung ruas jalan sehingga dapat memperpendek arah. Tujuan utama dari tugas akhir ini adalah merencanakan struktur jembatan gantung pejalan kaki sebagai jalur alternatif bagi para pejalan kaki dikompleks kampus Universitas Banga Belitung dengan perencanaan lantai (deck) jembatan menggunakan material berupa kayu ukuran 30 mm x 200 mm, panjang 1,8 m sesuai dengan lebar jembatan. Gelagar memanjang jembatan menggunakan material baja WF 100.100.6.8 sebanyak 4 buah dengan jarak 0,6 m antar gelagar memanjang, gelagar melintang jembatan menggunakan material baja WF 125.125.6,5.9 sebanyak 30 buah dengan jarak 2 m antar gelagar melintang, kabel penggantung (kabel hanger) menggunakan tali kawat baja dengan diameter (d) = 40 mm, jenis kabel 6 x 37 IWRC, kabel utama jembatan atau (main cable) menggunakan tali kawat baja dengan jenis kabel 6 x 37 FC, diameter (d) = 52 mm. Menara atau (pylon) jembatan menggunakan material baja WF 300.300.10.15 BJ 37 berbentuk portal. Selanjutnya untuk Base plat menggunakan pelat baja dengan ketebalan 23 mm, ukuran dimensi pelat yaitu 360 mm x 360 mm, baut angkur yang digunakan diameter 50,8 mm dengan tipe kepala heavy segi 6, jumlah baut angkur 4 buah (angkur kelompok) untuk kedalaman angkur 460 mm. Untuk sambungan las dengan tinggi 8 mm, mutu kawat las E6013, Fy = 450 MPa dengan panjang perlu las sudut sebesar 455 mm, fondasi pada perencanaan jembatan gantung ini menggunakan fondasi tapak dengan dimensi fondasi yaitu 2 m x 2 m, dengan menggunakan tulangan stek 4D16 sesuai kebutuhan. Selanjutnya, untuk sambungan antar elemen struktur jembatan di bagian elemen tarik dan tekan menggunakan sambungan baut dengan diameter baut sebesar 30 mm dan jarak antar baut yaitu 90 mm serta jumlah baut sebanyak 4 buah disetiap sambungan.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Struktur jembatan gantung, Analisis struktur dan Jembatan Gantung pejalan kaki. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Darma - |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 04:29 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 01:26 |
URI: | http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/3307 |
Actions (login required)
View Item |