Pengaruh viskositas dan temperatur oli terhadap penurunan tekanan di dalam pipa

Rizky Theofilus S, (NIM. 1011511047) (2019) Pengaruh viskositas dan temperatur oli terhadap penurunan tekanan di dalam pipa. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Minyak pelumas ialah zat cair yang mengandung unsur kimia yang pada umumnya digunakan untuk mencegah terjadinya gaya gesek antara dua benda yang bergerak yang saling berhubungan. Bisa juga digunakan sebagai media penyerapan panas pada suhu kerja mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dari ketiga tipe viskositas minyak pelumas menggunakan minyak pelumas Shell Helix terhadap temperatur dalam penurunan tekanan. Pengujian dilakukan dengan lima variasi temperatur elemen pemanas pada alat penukar kalor. Alat ini akan digunakan untuk praktikum mata kuliah perpindahan kalor dan massa di laboratorium Teknik Mesin Universitas Bangka Belitung. Untuk tipe viskositas 10W-40 hasil penurunan tekanan pada temperatur 80°C sebesar 2,01 Pa, 90°C sebesar 1,77 Pa, 100°C sebesar 1,59 Pa, 110°C sebesar 1,38 Pa, dan 120°C sebesar 1,07 Pa. Untuk tipe viskositas 15W-40 hasil penurunan tekanan pada temperatur 80°C sebesar 2,24 Pa, 90°C sebesar 2,01 Pa, 100°C sebesar 1,75 Pa, 110°C sebesar 1,43 Pa, dan 120°C sebesar 1,25 Pa. Sedangkan untuk tipe viskositas 20W-50 hasil penurunan tekanan pada temperatur 80°C sebesar 2,32 Pa, 90°C sebesar 2,03 Pa, 100°C sebesar 1,82 Pa, 110°C sebesar 1,62 Pa, dan 120°C sebesar 1,48 Pa. Dari hasil ketiga tipe viskositas minyak pelumas diatas, didapatkan bahwa tipe viskositas 10W-40 dengan suhu 120°C pada minyak pelumas Shell Helix lebih baik dalam penurunan tekanan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penurunan tekanan, viskositas, temperatur
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Nia Erawati
Date Deposited: 08 Apr 2020 04:37
Last Modified: 08 Apr 2020 04:37
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/2749

Actions (login required)

View Item View Item