Perbandingan emisi dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor dengan menggunakan bahan bakar bensin dan LPG

Octavia Herni Sari, (NIM. 1011211029) (2015) Perbandingan emisi dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor dengan menggunakan bahan bakar bensin dan LPG. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
PENUTUP.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Emisi atau gas buang yang dihasilkan dari kendaraan bermotor berbahan bakar bensin terus meningkat seiring dengan meningkatnya penggunaan sepeda motor. Untuk itu diperlukan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan, karena bahan bakar alternatif merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi tingkat polusi yang dihasilkan oleh bahan bakar bensin. Penggunaan bahan bakar alternatif perlu adanya kajian kelayakan penggunaan bahan bakar, salah satunya dengan pengujian emisi dan konsumsi bahan bakar. LPG (liquified petroleum gas) merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang dapat digunakan sebagai bahan bakar pengganti bensin. Untuk mengkonversi bahan bakar LPG pada sepeda motor digunakan alat yang disebut konverter kit. Konverter kit ini berfungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar gas dan mengatur tekanan gas yang keluar dari tabung. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data pengujian emisi dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor berbahan bakar LPG dan bensin (premium, pertalite, dan pertamax). Pengujian emisi dilakukan pada putaran 1500 rpm, 2000 rpm, dan 2500 rpm. Pengukuran uji emisi meliputi CO, CO2, O2 dan HC. Untuk uji konsumsi bahan bakar dilakukan dengan menempuh jarak 1,4 km dengan kondisi jalan yang datar (tidak menanjak atau menurun). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa emisi yang dikeluarkan oleh LPG lebih sedikit dibandingkan dengan bensin. Bahan bakar LPG rata-rata menghasilkan kadar CO 0,08%, kadar CO2 2,49%, kadar O2 9,13% dan kadar HC 161 ppm. Begitu juga dengan uji konsumsi bahan bakar, hasil penelitian menunjukan bahwa LPG lebih unggul dari kelompok bensin dengan hanya membutuhkan Rp 205,00 untuk menempuh jarak 1,4 km.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Uji emisi, uji konsumsi bahan bakar, LPG, bensin.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:12
Last Modified: 01 Mar 2019 02:12
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item