Model pembentuka n nilai dan budaya Masyarakat Bangka menuju Creative entrepreuneur community melalui entrepreuneurial management di Era Pasca Tambang Timah

Dr. Reniati, SE., M.Si., - and Dr. Ratna Santi, S.P., M.Si., - and Fadillah Sabri, S.T., M.Eng., - (2017) Model pembentuka n nilai dan budaya Masyarakat Bangka menuju Creative entrepreuneur community melalui entrepreuneurial management di Era Pasca Tambang Timah. Project Report. Universitas Bangka Belitung, Bangka Belitung.

[img] Text
laporan_akhir_Dr_RENIATI_S_E___M_Si.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

P enelitian ini bert ujuan membuat Model Pengembangan Kewirausahaan dan Bisnis Usaha Mikr o Kecil ( UMK) berpr est asi menuju Sustained Competitive Advantange melalui Radical Inovation di P ro vinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pendekatan y ang digunakan adalah dengan metode Survey dan data diolah dengan PL S (Partial Least Square). Sebagai Objek Penelitian adalah UM KM Berprestasi sejak Tahun 2013 s.d 2016 y ang berjumlah 40 UM KM di Provinsi Kep ulauan Bangk a Belitung. Hasil p enelitian menunjukkan bahwa v ariabel model p engemb angan Bisnis UKM adalah variabel y ang paling do minan dalam memp engaruhi Rad ical innov ation dibandin gkan dengan M odel p engemb engan kewir ausahaan. Terlihat bahwa rad ical innov ation memberikan p engaruh y ang b esar terhadap Sust ained Competitive Advantage sehinga demikian d apat dinyatakan bahwa model p engemb angan Bisnis UKM secara tidak lan gsun g memberikan p engaruh y ang besar Sust ained Co mpetitive Advantage melalui radical innovation. terdap at p engaruh simultan dari v ariabel model p engemb angan kewirausahaan dan model p engembangan bisnis UKM terahdap radical innov ation. Pada uji secar a parsial menunjukkan bahwa tidak ada p engaruh dari model p engemban gan kewirausahaan terhadap radical innovation. Selanjutny a untuk variabel p engemb angan b isnis UKM memberikan p engaruh y ang sangat besar y aitu sebesar 0.610 standar deviasi dengan nilai t hitung dan p .value (3.077; 0.004). terdap at p engaruh si gnfikan dari v ariabel r adical innovation terhadap sustained comp etitive advantage. tidak terdap at p engaruh si gnifikan dari p engemban gan kewirausahaan terhad ap sustained comp etitive advantage melalu i radical innovation. Selanjutny a hasil p erhitungan menemuk an besar p engaruh tidak lan gsun g dari model p engembangan bisnis UKM terhadap sust ained melalui radical innovation sebesar 0.378 dengn a nilai t thitung dan p .value (2.5672; 0144). Nilai p .value y ang lebih kecil dari 0.05 meny imp ulkan bahwa hipotesis nol ditolak y ang artiny a terdap at p engaruh si gnifik an dari p engembangan Bisnis UKM terhadap sustained comp etitive advantage melalui radical innovation. analisis Importance and Performance Analysis (IPA) Model.v ariabel y ang p aling dominan dalam memp engruhi Sust ained Competitive Advantage adalah variabel radical innovation diikuti oleh p engaruh tidak langsung dari p engemb angan bisnis UKM . Namun demikian, terlihat bahwa r adical innovation masih memiliki p erformance y ang lebih rendah dibandingkan p egemban gan b isnis UKM . Indikator y ang memiliki tingkat kepentingan rendah dan juga p erformance rendah adalah d aya kewirausahaan, sedangkan y ang memiliki kepentingan rendah namun p erformance tinggi adalah dimensi ekono mi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Development Entrepren eurship Model, Development business of SM Es Model, Radical Innovation, Susta ined Competitive Advantage.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: LAPORAN PENELITIAN DOSEN
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 28 Nov 2018 08:17
Last Modified: 03 Dec 2018 02:28
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item View Item