Model pembentukan nilai dan budaya masyarakat bangka menuju creative entrepreneur community melalui entrepreneurial management di Era Pasca Tambang Timah

Dr. Reniati, SE., M.Si., - and Erwin, SE,MM.,Ph.D, - and Fitri Ramadhani Harahap, S.Sos.,M.Si, - (2015) Model pembentukan nilai dan budaya masyarakat bangka menuju creative entrepreneur community melalui entrepreneurial management di Era Pasca Tambang Timah. Project Report. Universitas Bangka Belitung, Bangka Belitung.

[img] Text
laporan_akhir_Dr_RENIATI_S_E___M_Si.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki kelimpahan sumberdaya alam timah, tetapi saat ini sudah mulai mendengungkan “Era Pasca Timah”. Pemerintah Daerah saat ini sedang berusaha keras mencari solusi membuat desain pembangunan ekonomi yang mengakar kepada rakyat dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga lingkungan. Di sisi lain sumberdaya manusia yang ada masih belum bisa menciptakan peluang-peluang bisnis yang potensial, hal ini disinyalir karena nilai dan budaya masyarakatnya yang belum mampu mendorong kepada pembentukan creative entrepreneur community. Hal ini terlihat dari belum dikelolanya usaha kecilnya dalam kerangka entrepreneurial management. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi di bidang manajemen khususnya kajian-kajian industri kecil menengah (IKM) di bidang manajemen kewirausahaan, manajemen sumber daya manusia dan perilaku organisasi. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah Model Nilai dan Budaya Masyarakat Bangka dalam membentuk Creativity Entrepreneur Melalui Entrepreneurial Management di Era Pasca Tambang Timah. Untuk meneliti lebih jauh mengenai pengaruh antar variabel maka penelitian ini didesain dengan menggunakan sifat deskriptif dan verifikatif. Ukuran sampel minimal yang harus diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 178 unit IKM yang terbagi menjadi 5 (lima) daerah Kabupaten/Kota yang ada di Pulau Bangka yaitu 1) Bangka, 2) Pangkalpinang, 3) Bangka Tengah, 4) Bangka Barat dan 5) Bangka Selatan. Adapun alat verifikatif yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program LISREL 8.5. Hasil analisis deskriptif, untuk variabel Nilai Budaya Masyarakat Bangka memiliki nilai tinggi dan sangat tinggi, variabel Entrepreneurial Management semua dimensi menunjukkan nilai tinggi dan ada satu dimensi yang menunjukkan angka sangat tinggi yaitu Commitment To Opportunity, variabel Creative Entrepreneur Community menunjukkan angka tinggi. Hasil perhitungan statistik uji t student memberikan nilai t = 10.040 dengan nilai p.value sebesar 0.000 dan Nilai F2 sebesar 0.570 lebih besar dari 0.350 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan dari Nilai Budaya Masyarakat Terhadap Entrepreneurial Management, uji t student memberikan nilai t = 11.760 dengan nilai p.value sebesar 0.000 dan Nilai F2 sebesar 0.781 lebih besar dari 0.350 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan dari Entrepreneurial Management Terhadap Creative Entrepreneur Community dan nilai t = 7.316 dengan nilai p.value sebesar 0.000 dan Nilai F2 sebesar 0.624 lebih besar dari 0.350 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan dari Nilai Budaya Masyarakat Bangka Terhadap Creative Entrepreneur Community Melalui Entrepreneurial Management.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Value and Culture, Creative Entrepreneur Community, Entrepreneurial Management , Post-Mining Era Tin
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: LAPORAN PENELITIAN DOSEN
Depositing User: UPT Perpustakaan UBB
Date Deposited: 27 Nov 2018 05:01
Last Modified: 03 Dec 2018 02:30
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1720

Actions (login required)

View Item View Item