Dr. Reniati, SE., M.Si., - and Erwin, SE,MM.,Ph.D, - and Fitri Ramadhani Harahap, S.Sos.,M.Si, - (2015) Model pembentukan nilai dan budaya masyarakat bangka menuju creative entrepreneur community melalui entrepreneurial management di Era Pasca Tambang Timah. Project Report. Universitas Bangka Belitung, Bangka Belitung.
| 
              
Text
 laporan_akhir_Dr_RENIATI_S_E___M_Si.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB)  | 
          
Abstract
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki kelimpahan sumberdaya alam timah, tetapi saat ini sudah mulai mendengungkan “Era Pasca Timah”.  Pemerintah  Daerah  saat  ini  sedang  berusaha  keras  mencari  solusi membuat    desain  pembangunan  ekonomi  yang  mengakar  kepada  rakyat  dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga lingkungan. Di  sisi  lain  sumberdaya  manusia  yang  ada  masih  belum  bisa  menciptakan peluang-peluang bisnis yang potensial, hal ini disinyalir karena nilai dan budaya masyarakatnya yang belum mampu mendorong kepada pembentukan creative entrepreneur community. Hal ini terlihat dari belum dikelolanya usaha kecilnya dalam kerangka entrepreneurial management.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi di bidang manajemen khususnya kajian-kajian industri kecil menengah (IKM) di bidang manajemen kewirausahaan, manajemen sumber daya manusia dan perilaku organisasi. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah  membangun sebuah  Model Nilai dan Budaya Masyarakat Bangka dalam membentuk Creativity Entrepreneur Melalui  Entrepreneurial Management di Era Pasca Tambang Timah.
Untuk meneliti lebih jauh mengenai pengaruh antar variabel     maka penelitian  ini  didesain  dengan  menggunakan  sifat  deskriptif  dan  verifikatif. Ukuran sampel minimal yang harus diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak
178  unit IKM yang terbagi menjadi 5 (lima) daerah Kabupaten/Kota yang ada di Pulau Bangka yaitu 1) Bangka, 2) Pangkalpinang, 3) Bangka Tengah, 4) Bangka Barat  dan 5) Bangka Selatan.            Adapun   alat   verifikatif   yang   digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program LISREL 8.5.
Hasil analisis deskriptif, untuk variabel Nilai Budaya Masyarakat Bangka memiliki nilai tinggi dan sangat tinggi, variabel  Entrepreneurial Management semua dimensi menunjukkan nilai tinggi dan ada satu dimensi yang menunjukkan angka sangat tinggi yaitu Commitment To Opportunity,   variabel Creative Entrepreneur Community menunjukkan angka tinggi. Hasil perhitungan statistik uji t student  memberikan nilai t = 10.040 dengan nilai p.value sebesar 0.000 dan
Nilai F2 sebesar 0.570 lebih besar dari 0.350  sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan dari Nilai Budaya Masyarakat Terhadap Entrepreneurial Management,  uji t student memberikan  nilai t  = 11.760  dengan  nilai  p.value sebesar 0.000 dan Nilai F2 sebesar 0.781 lebih besar dari 0.350 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan dari Entrepreneurial Management Terhadap Creative Entrepreneur Community dan nilai t = 7.316 dengan nilai p.value sebesar 0.000 dan Nilai F2 sebesar 0.624 lebih besar dari 0.350 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan dari Nilai Budaya Masyarakat Bangka  Terhadap  Creative  Entrepreneur  Community Melalui  Entrepreneurial
Management.
| Item Type: | Monograph (Project Report) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Value and Culture, Creative Entrepreneur Community, Entrepreneurial Management , Post-Mining Era Tin | 
| Subjects: | H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum) H Ilmu Sosial > HM Sosiologi H Ilmu Sosial > HN Sejarah dan Kondisi Sosial. Masalah Sosial. Reformasi Sosial  | 
        
| Divisions: | LAPORAN PENELITIAN DOSEN | 
| Depositing User: | UPT Perpustakaan UBB | 
| Date Deposited: | 27 Nov 2018 05:01 | 
| Last Modified: | 03 Dec 2018 02:30 | 
| URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1720 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
