Analisis daya dukung statis dan dinamis pondasi tiang pancang pada pembangunan jembatan Air Sumbang Asih Bangka

Dewi Harvini, (NIM. 1041111011) (2017) Analisis daya dukung statis dan dinamis pondasi tiang pancang pada pembangunan jembatan Air Sumbang Asih Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pondasi tiang pancang merupakan salah satu jenis dari pondasi dalam yang umum digunakan, yang berfungsi untuk menyalurkan beban struktur ke lapisan tanah keras yang mempunyai kapasitas daya dukung tinggi sehingga dapat dapat menahan beban kontruksi di atasnya. Untuk mengitung kapasitas tiang, terdapat dua metode yang biasa digunakan yaitu statis dan dinamis. Analisis statis adalah metode perhitungan daya dukung yang berdasarkan keadaan tanah pada proses sondir yang sangat berpengaruh pada sifat sifat teknis tanah, seperti hambatan lekat tanah (JHL), perlawanan penetrasi konus (qc), sedangkan analisis dinamis yaitu berdasarkan proses pemancangan tiang yang sangat dipengaruhi oleh berat tiang pancang, final set, berat ram, efisiensi hammer, dan besaran energi pemukul dari pabrik saat proses kalendering. Tujuan dari studi ini untuk menghitung dan membandingkan daya dukung statis dari hasil sondir menggunakan Metode langsung (directcone), Metode Schmertmann dan Nottingham dan Metode Aoki dan De Alencar, dengan daya dukung dinamis dari hasil kalendering menggunakan metode Danish dan Metode Navy – Mc.Kay, serta mengitung penurunan menggunakan metode Vesic (1970). Hasil perhitungan daya dukung statis, metode langsung mempunyai daya dukung ijin (Qa) paling besar dan Metode Aoki dan De Alencar mempunyai nilai terkecil. Sedangkan pada perhitungan daya dukung dinamis, metode Navy – Mc.Kay mempunyai nilai terbesar dan metode Danish mempunyai nilai terkecil. Metode Navy – Mc.Kay mempunyai nilai yang mendekati hasil uji PDA dan CAPWAP. Penurunan berdasarkan hasil perhitungan daya dukung statis yang terbesar terdapat pada Metode langsung, nilai terkecil terdapat pada Metode Aoki dan De Alencar. Nilai penurunan berdasarkan hasil perhitungan daya dukung dinamis yang terbesar terdapat pada Metode Navy – Mc.Kay, sedangkan terkecil terdapat pada Metode Danish. Nilai penurunan yang mendekati hasil uji CAPWAP yaitu terdapat pada Metode Navy – Mc.Kay.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tiang pancang, daya dukung statis, daya dukung dinamis
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Merty -
Date Deposited: 16 Nov 2018 07:33
Last Modified: 16 Nov 2018 07:33
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item View Item