Analisis hubungan geometrik jalan dengan jarak pandang terhadap tingkat kecelakaan (Studi Kasus : Ruas Jalan Petaling – Puding Besar)

Rico Deryawan, (NIM. 1041211056) (2017) Analisis hubungan geometrik jalan dengan jarak pandang terhadap tingkat kecelakaan (Studi Kasus : Ruas Jalan Petaling – Puding Besar). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
PENUTUP.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Ruas Jalan Raya Petaling - Puding Besar merupakan jalur lalu lintas luar kota dengan status jalan Nasional dan fungsi jalan Kolektor yang memiliki aksesibilitas yang tinggi dengan kondisi daerah rawan kecelakaan (Black Spot), dalam 5 tahun terakhir pada ruas jalan tersebut telah terjadi 89 kasus kecelakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan lokasi daerah rawan kecelakaan serta menganalisis adakah hubungan antara kondisi Geometrik Jalan dengan Jarak Pandang Henti (Jh) terhadap Tingkat Kecelakaan. Hasil dari penelitian menunjukan lokasi daerah rawan kecelakaan tertinggi antara lengkung horizontal 1 sampai dengan lengkung vertikal 1 yang dilakukan perhitungan dengan menggunakan pembobotan untuk menghitung nilai EAN, yaitu terletak pada lengkung horizontal 4 dengan pembobotan nilai EAN tertinggi yaitu sebesar EAN = 55. Hubungan antara kondisi geometrik jalan dengan jarak pandang terhadap tingkat kecelakaan bahwa untuk nilai EAN dengan Jarak Pandang Henti (Jh) berdasarkan grafik dengan Koefisien Korelasi (R) sebesar R = 0,932. Hal ini menunjukkan pengaruh jarak pandang sangat signifikan / berpengaruh terhadap tingkat kecelakaan. Sedangkan hubungan antara Jari-jari Tikungan (R) dengan nilai EAN juga sangat signifikan berdasarkan grafik regresi type linear terhadap tingkat kecelakaan yaitu R = 0,954, dan selanjutnya untuk hubungan antara Nilai EAN dengan Derajat Kelengkungan (D) juga sangat signifikan berdasarkan grafik regresi type linear terhadap tingkat kecelakaan yaitu sebesar R = 0,928.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: black spot, angka kecelakaan, geometrik jalan, jarak pandang.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Septi Eskawati
Date Deposited: 09 Nov 2018 03:00
Last Modified: 09 Nov 2018 03:00
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1545

Actions (login required)

View Item View Item