Analisis tebal perkerasan runway, taxiway, dan apron pada Bandar Udara Depati Amir Bangka

Devin Octabrian Halim Kusuma, (NIM.1041311019) (2017) Analisis tebal perkerasan runway, taxiway, dan apron pada Bandar Udara Depati Amir Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
PENUTUP.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)

Abstract

Bandar Udara Depati Amir terletak di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Seiring dengan meningkatnya arus pergerakan pesawat tiap tahunnya di Bandar Udara Depati Amir maka dilakukan Pembangunan dan pengembangan fasilitas di bandar udara ini. Pengembangan bandar udara tidak hanya sebatas pengembangan dimensinya seperti pengembangan terminal, perpanjangan runway, pengembangan taxiway, dan perluasan apronbandara tetapi juga perkerasan yang akan digunakan untuk runway,taxiway, dan apron. Perencanaan struktur perkerasan ini sangat dibutuhkan guna menghasilkan perkerasan yang kuat,stabil, dan tahan lama dalam mendukung beban pesawat. Analisis yang dihitung ini untuk mengetahui tebal perkerasan untuk runway, taxiway, dan apron di Bandar Udara Depati Amir menggunakan metode FAA, Airport Pavement Design and Evaluation, AC No:150/5320-6D.Runway dan taxiway menggunakan perkerasan lentur sedangkan apron menggunakan perkerasan kaku. Hasil yang diperoleh dari analisis ini adalah jenis pesawat yang menjadi pesawat rencana adalah pesawat Boeing 737-900 ER dengan nilai MTOW sebesar 85.139 kg (187.699 lbs) dan konfigurasi roda dual wheel. Tebal total runway adalah sebesar 25 inci (63,5 cm), terdiri dari tebal lapisan permukaan runway sebesar 4 inci (10,16 cm), tebal lapisan pondasi atas runway sebesar 9,5 inci (24,13 cm), dan tebal lapisan pondasi bawah runway sebesar 11,5 inci (29,21 cm). Tebal total taxiway adalah sebesar 34 inci (86,36 cm), terdiri dari tebal lapisan permukaan taxiway sebesar 3 inci (7,62 cm), tebal lapisan pondasi atastaxiway sebesar 10,5 inci (26,67 cm), dantebal lapisan pondasi bawahtaxiway sebesar 20,5 inci (52,07 cm). Tebal total apron adalah sebesar 21,5 inci (54,61 cm), terdiri dari tebal pelat beton apron sebesar 17,5 inci (44,45 cm) dan tebal lapisan pondasi bawah apronsebesar 4 inci (10,16 cm)

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode faa, perkerasan lentur, perkerasan kaku
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 149 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2018 06:47
Last Modified: 17 Oct 2018 06:47
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item