Analisis konfigurasi pondasi tiang pancang terhadap gaya lateral pada pembangunan Dermaga Pelabuhan Tanjung Gudang Kecamatan Belinyu

Silviana, (NIM. 1041311059) (2018) Analisis konfigurasi pondasi tiang pancang terhadap gaya lateral pada pembangunan Dermaga Pelabuhan Tanjung Gudang Kecamatan Belinyu. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Pelabuhan Tanjung Gudang merupakan sarana penghubung jalur darat ke jalur air yang menjadi persinggahan kapal-kapal besar di Pulau Bangka. Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu direncanakan mampu melayani kapal penumpang atau barang curah dan padat 30.000 DWT. Perencanaan pembangunan dermaga tidak lepas dari penggunaan tiang pancang sebagai pondasi yang menyangga struktur bagian atas. Perencanaan konfigurasi tiang pada struktur bawah dermaga sangat berpengaruh terhadap daya dukung konstruksi. Konfigurasi tiang pancang adalah susunan tiang pancang berdasarkan jarak atau kemiringan tertentu. Kemiringan tiang pancang umumnya mempunyai jangkauan nilai dari 1 horisontal hingga 12 vertikal. Dalam analisis konfigurasi tiang pancang pada dermaga digunakan tiga tipe konfigurasi kemiringan tiang pancang yaitu 1H:12V, 1H:7V, dan 2H:12V. Analisis konfigurasi tiang pancang dilakukan dengan menggunakan bantuan program software dan perhitungan Metode Broms. Dari hasil analisis pada program software dan perhitungan Metode Broms didapatkan hasil bahwa nilai gaya lateral maksimum ketiga konfigurasi tersebut aman terhadap gaya lateral. Untuk nilai defleksi lateral tiang maksimum konfigurasi tiang 1/12 dan 1/7 pada arah-x dan arah-y, tidak amann terhadap defleksi lateral, sedangkan konfigurasi 2/12 aman terhadap nilai defleksi lateral ijin tiang. Berdasarkan analisis pada program software dan perhitungan Metode Broms didapatkan hasil bahwa semakin besar kemiringan tiang, semakin besar gaya lateral dan defleksi lateral yang terjadi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: konfigurasi tiang, gaya lateral, defleksi lateral
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2018 06:26
Last Modified: 17 Oct 2018 06:26
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item View Item