Pengaruh kompetensi guru dan lingkungan fisik sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMA N 1 Sungai Selan

Jenni Indiastuti, (NIM. 3021311040) (2018) Pengaruh kompetensi guru dan lingkungan fisik sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMA N 1 Sungai Selan. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JENNI INDIASTUTIn_cover_1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI JENNI INDIASTUTIn_bab i_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI JENNI INDIASTUTIn_bab ii_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI JENNI INDIASTUTIn_bab iii_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI JENNI INDIASTUTIn_bab iv_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
SKRIPSI JENNI INDIASTUTIn_bab v_6.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI JENNI INDIASTUTIn_daftar pustaka_7.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dan siswi di SMA N 1 Sungaiselan mengalami penurunan. Hal ini diduga disebabkan oleh faktor seperti kompetensi guru dan lingkungan fisik sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendapatkan gambaran pengaruh kompetensi guru dan lingkungan fisik sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMA N 1 Sungaiselan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 115 dimana sampel yang digunakan adalah siswa dan siswi di SMA N 1 Sungaiselan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Variabel bebas pada penelitian ini terdiri dari Kompetensi Guru (X1) dan Lingkungan Fisik Sekolah (X2) sedangkan variabel terikat adalah Prestasi Belajar Siswa (Y). Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji T, uji F, dan koefisiensi determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru (X1) diperoleh thitung(5,261) > ttabel(1,655), variabel lingkungan fisik sekolah (X2) diperoleh thitung (4,484) > ttabel(1,655). Maka variabel kompetensi guru (X1) dan Lingkungan Fisik Sekolah berpengaruh secara parsial terhadap variabel Y. Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung64,929 > Ftabel(3,08) sedangkan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti kompetensi guru (X1) dan Lingkungan Fisik Sekolah (X2) secara simultan atau bersama-sama mempengaruhi variabel prestasi belaja siswa (Y). Hasil uji koefisiensi determinasi (R2) menunjukkan Adjusted R Square sebesar 0,529 atau 52,9% yang berarti variasi variabel prestasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh variabel kompetensi guru dan lingkungan fisik sekolah, sisanya 47,1% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Lingkungan Fisik Sekolah, dan Prestasi Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 16 Oct 2018 02:53
Last Modified: 09 Nov 2018 07:18
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item