Pengaruh Konsentrasi Molase yang Berbeda terhadap Efektifitas Probiotik pada Pertumbuhan Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dengan Sistem Akuaponik

Ramadika, (NIM. 2061811034) (2024) Pengaruh Konsentrasi Molase yang Berbeda terhadap Efektifitas Probiotik pada Pertumbuhan Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dengan Sistem Akuaponik. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy

Abstract

Ikan Nila (Oreochromis niloticus) adalah salah satu komoditas perikanan yang memanfaatkan sistem akuaponik. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup atau komponen mikroba yang memberikan keuntungan bagi inangnya. Probiotik yang diberikan dengan dosis yang cukup dapat memberikan dampak menguntungkan bagi kesehatan ikan dan dapat meningkatkan keseimbangan mikroba didalam saluran pencernaan. Namun, pemberian probiotik secara terus menerus dapat menurunkan keefektifitasnya. Salah satu yang mempengaruhi efektifitas probiotik adalah molase. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh konsentrasi molase yang berbeda terhadap efektifitas probiotik pada pertumbuhan benih ikan Nila dengan sistem akuaponik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasilnya menunjukkan bahwa pemberian probiotik dengan dosis yang berbeda memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan benih ikan Nila. Konsentrasi molase yang berbeda terhadap probiotik yang baik pada pertumbuhan benih ikan nila terdapat pada perlakuan P3 dengan Panjang mutlak sebesar 8.55 cm dan yang terendah pada perlakuan P2 sebesar 3.74 cm, pertumbuhan bobot tertinggi pada perlakuan P3 sebesar 21.38 gr dan yang terendah pada perlakuan 2 18.26 gr, dan tingkat kelangsungan hidup tertinggi pada perlakuan 3 sebesar 86% dan yang terendah pada perlakuan P2 sebesar 74%. Parameter kualitas air masih berada pada kisaran toleransi yang baik untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan bagi ikan Nila. Pemberian dosis molase yang berbeda terhadap probiotik tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman kangkung.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Molase dan Probiotik, Pertumbuhan Benih Ikan Nila, dan Sistem Akuaponik
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Akuakultur
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:55
Last Modified: 22 Aug 2024 01:55
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/10070

Actions (login required)

View Item View Item