Kewenangan kepala lembaga pemasyarakatan dalam penerapan kebijakan sel strap terhadap narapidana terorisme (studi kasus di lembaga pemasyarakatan Kelas IIA Pangkalpinang)

Armitran Firsantara, (NIM. 4032221006) (2024) Kewenangan kepala lembaga pemasyarakatan dalam penerapan kebijakan sel strap terhadap narapidana terorisme (studi kasus di lembaga pemasyarakatan Kelas IIA Pangkalpinang). Masters thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan menempatkan narapidana terorisme dalam sel strap atau sel isolasi menimbulkan diskursus kewenangan dan perlindungan hak asasi manusia. Kekosongan hukum terkait pengaturan penggunaan sel strap tanpa didahului pelanggaran disiplin memposisikan kebijakan tersebut dalam pertanggungjawaban Kepala Lembaga Pemasyarakatan. Kedudukan kewenangan Kalapas harus didasarkan pada pertimbangan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan prinsip-prinsip pemasyarakatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode yuridis-normatif, dan pendekatan studi kasus dan perundang-undangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedudukan kewenangan Kalapas dalam menempatkan narapidana terorisme ke sel strap adalah sah, dan didasarkan pada regulasi pembinaan, perlakuan, dan pengawasan khusus bagi narapidana resiko tinggi. Penempatan dalam sel strap adalah bagian dari perlakuan khusus, dan menjadi aspek integral dari program deradikalisasi yang dijalankan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Efektivitas penempatan narapidana terorisme di sel strap berdampak positif dalam mereduksi potensi penyebaran paham radikal diantara narapidana di Lapas Kelas II A Pangkalpinang. Namun, belum efektif dalam membantu program deradikalisasi terhadap narapidana terorisme. Kebijakan sel strap perlu disertai dengan penguatan program pembinaan, melalui pendekatan rehabilitasi, reedukasi, dan resosialisasi terhadap narapidana terorisme sesuai dengan prinsip-prinsip pemasyarakatan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kewenangan; Lembaga pemasyarakatan; Sel strap; Narapidana terorisme
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: TESIS > FAKULTAS HUKUM
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:27
Last Modified: 04 Sep 2024 06:27
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item