Perlindungan hukum hak cipta karya seni film terkait pengunggahan tanpa izin melalui aplikasi tiktok

Fajar Muhammad Alfarisi, (NIM. 4011911042) (2024) Perlindungan hukum hak cipta karya seni film terkait pengunggahan tanpa izin melalui aplikasi tiktok. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena pengunggahan karya seni film orang lain tanpa izin yang dibajak di internet salah satunya pada aplikasi Tiktok adalah pengunggahan karya seni film yang dipisah-pisah menjadi beberapa bagian tanpa menyebutkan sumber dan persetujuan pembuat film tersebut. Bahkan ada yang sampai menaruh watermark dalam karya seni film yang diunggah pada akun Tiktoknya. Didalam Pasal 4 UUHC kegiatan penayangan film secara ilegal pada aplikasi Tiktok jelas sudah melanggar hak ekslusif berupa hak ekonomi dan hak moral, hal ini didukung oleh kemajuan teknologi yang disalahgunakan dan tidak sesuai fungsi. Pada Pasal 9 ayat (3) UUHC juga melarang setiap orang melakukan penggandaan ciptaan tanpa izin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum serta akibat hukum dari pelanggaran hak cipta karya seni film dan sinematografi terkait pengunggahan karya seni film tanpa izin melalui aplikasi Tiktok. Jenis penelitian adalah yuridis normatif. Meskipun Undang-Undang Hak Cipta di Indonesia memberikan kerangka hukum yang penting untuk perlindungan hak cipta, terdapat beberapa celah dalam penerapannya terkait dengan pembajakan karya seni film di platform digital seperti TikTok. Celah-celah ini meliputi kurangnya regulasi khusus untuk platform digital, ketidakjelasan dalam penegakan hukum, dan tantangan dalam penanganan konten lintas negara. Untuk mengatasi celah ini, mungkin diperlukan perbaikan dalam undang-undang dan peraturan yang mengatur konten digital, serta kerja sama yang lebih baik antara platform digital, pemilik hak cipta, dan pihak berwenang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum; Hak kekayaan intelektual; Pengunggahan tanpa izin; Karya seni film; Aplikasi tiktok; Konten kreator
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Hukum > Hukum > Konsentrasi Keperdataan
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:58
Last Modified: 04 Sep 2024 03:58
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/10000

Actions (login required)

View Item View Item